top of page
Writer's pictureZulfikar Sitepu

Abil Fadhil - Seorang Seniman Kriya Kayu


potret seorang pemuda seniman kriya kayu
Abil Fadhil

Saya sangat menikmati fotografi, terutama saat mengambil potret. Wajah seseorang bisa mengekspresikan berbagai emosi, dan inilah yang membuat saya begitu terpesona dengan foto-foto close up, khususnya headshot. Melalui lensa kamera, saya dapat memerhatikan setiap detail unik dari setiap individu, menangkap ekspresi yang selalu berbeda di setiap wajah.


Salah satu potrait orang yang saya ambil adalah Abil, seorang seniman kriya kayu yang memiliki banyak kisah menarik untuk diceritakan melalui foto-foto.


Abil Fadhil - Seorang Seniman Kriya Kayu


Namanya Abil Fadhil, berusia 18 tahun, berasal dari Bandung. Bagi Abil, seni rupa adalah cara untuk mengungkapkan perasaan dan menyalurkan emosi. Dia sepakat dengan pendapat EF Carritt dalam bukunya, "An Introduction to Aesthetics" (1949), yang menyatakan bahwa seni adalah bentuk ekspresi yang mengungkapkan jiwa, perasaan, dan suasana hati. Oleh karena itu, Abil memiliki ketertarikan yang kuat terhadap seni.


Riwayat Pendidikan


Riwayat Pendidikan Abil mencakup masa di SMKN 14 Bandung, di mana dia mendalami kriya kayu.


Kriya kayu adalah istilah yang mengacu pada seni dan kerajinan yang berkaitan dengan pengolahan kayu untuk menciptakan berbagai barang atau karya seni, seperti ukiran, pahatan, furnitur, dan kerajinan tangan lainnya yang menggunakan bahan dasar kayu.


Dibutuhkan pemahaman tentang penggunaan alat-alat kayu, teknik pengukiran, dan keterampilan lain dalam memanfaatkan kayu sebagai medium kreatif. Kriya kayu sering kali menjadi bidang yang menarik bagi orang yang memiliki minat dalam seni dan kerajinan dengan fokus pada kayu sebagai bahan dasar.


Selain itu, dalam hal riwayat organisasinya, Abil aktif sebagai desainer grafis di Karang Taruna.


Juara 1 FLSN



kacamata dari kayu, karya pengusaha lokal
Karya Abil Saat Menjadi Juara 1 FLSN

kacamata dengan bahan dasar kayu, karya pengusaha lokal
Karya Abil Saat Menjadi Juara 1 FLSN


Pada tahun 2023, Abil meraih gelar Juara 1 dalam Festival Lomba Seni Nasional (FLSN) di kota Bandung, kategori Seni Kriya. Prestasi ini menunjukkan keahlian Abil dalam seni kriya dan bisa menjadi titik awal bahwa dia mampu menjadi seorang seniman yang berbakat di bidang ini.


Hobi Menggambar Awal Mula Tertarik Dengan Seni rupa


"Berawal dari umur 6 tahun (enam tahun) saya (Abil) seringkali diajak oleh ayah saya untuk menggambar, namun disaat itu saya belum memiliki ketertarikan terhadap seni rupa karena disaat itu saya memiliki ketertarikan hobi lain, namun disaat saya menginjak umur 13 tahun mulai timbul rasa ketertarikan terhadap seni rupa, sejak saat itu saya mulai untuk belajar dan berlatih menggambar hingga saat ini."


Tetap Fokus dan Tekun pada Peluang yang Ada


"Sejak saya (Abil) lulus SMP saya berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan di sekolah yang saya mimpikan, namun hal tersebut tidak dapat terwujud dan terpaksa saya harus melanjutkan pendidikan di sekolah lain, disaat itu saya merasa sedih dan hampir putus asa, namun dengan berjalannya waktu rasa itu mulai hilang, dan saya mulai memfokuskan diri saya dengan apa yang saya jalani saat itu, sampai dimana saya dapat dipercaya untuk mengikuti lomba seni kriya tingkat kota dan menjuarainya.


Semoga dengan pengalaman yang saya bagikan ini dapat memotivasi pembaca untuk tetap berjuang dan tidak putus asa."


seorang pemuda menggunakan kacamata hasil karyanya
Abil dengan hasil karyanya


Pentingnya Bersyukur


"Hidup yang menurutmu gini-gini aja, bisa jadi itu adalah cita cita dalam hidup seseorang untuk sampai titik yang kamu bilang gini-gini aja, karena itu kita diajarkan untuk melihat ke bawah agar kita dapat bersyukur dengan apa yang kita dapat hari ini." - Abil Fadhil


Dukung dan Apresiasi Karya Abil


Abil saat ini bersekolah di SMKN 14 Bandung, mengambil jurusan Kriya Kayu. Abil telah mengembangkan sejumlah keahlian dalam bidang perkayuan yang memungkinkan Abil untuk membuat berbagai produk, termasuk gantungan kunci, guci, asbak, rak bumbu, frame kacamata, cincin, dan tatakan gelas dari kayu. Jika Anda tertarik dengan produk-produk tersebut, jangan ragu untuk menghubungi Abil.



Dengan melakukan pembelian berarti Anda telah mendukung pengusaha lokal dan itu adalah sesuatu yang sangat berharga karena Anda secara langsung berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di komunitas pengusaha lokal Indonesia. Uang yang Anda keluarkan akan tetap berputar dalam komunitas lokal, membantu menciptakan lapangan kerja dan menggerakkan aktivitas ekonomi lainnya.


cincin kayu yang dipasang di jari
Hasil karya lain dari Abil: Cincin dari kayu

cincin kayu yang sedang dipegang
Hasil karya lain dari Abil: Cincin dari kayu

Kesimpulan


Itulah kisah inspiratif Abil Fadhil, seorang seniman kriya kayu berbakat. Abil, yang mulai merasakan minat dalam seni rupa sejak usia 13 tahun, telah menjalani perjalanan dengan ketekunan dengan menjadi Juara 1 dalam Festival Lomba Seni Nasional (FLSN) tahun 2023, kategori Seni Kriya.


Dalam perjalanannya, Abil telah belajar arti dari tekun dan tidak putus asa, serta pentingnya bersyukur dalam hidup. Dengan setiap pembelian produk-produk kriya kayu Abil, Anda bukan hanya mendukung seniman lokal yang berbakat, tetapi juga pertumbuhan ekonomi di komunitas lokal. Jangan ragu untuk menghubungi Abil dan ikuti karyanya. Mari bersama-sama mendukung pengusaha lokal Indonesia!


93 views4 comments

4 Comments


eddizhob
Jan 18

Foto nya Perfecta... 👍🏻

Like
Zulfikar Sitepu
Zulfikar Sitepu
Jan 18
Replying to

Makasih pa eddi

Like

Taufan Rifnawan
Taufan Rifnawan
Oct 21, 2023

Sungguh cerita yg inspiratif dan inovatif sekali Pak

Like
Zulfikar Sitepu
Zulfikar Sitepu
Oct 21, 2023
Replying to

Terima kasih pak, semoga menjadi pengunjung setia blog kami ya pak

Like
bottom of page